INFOMART FORUM
Welcome to INFOMART Forum Indonesia

UPDATE: New Forum about Picture & Video : Indonesian Girl, West & asian

Infomart Forum :
- Free Download : Mp3, Film, Newspaper, Magazine, Ebook, Games, Software, Anime & other. Update every day
- Buy & Sale Forum, Article, Job Fair, News, Gossip & other

Sekarang kamu bisa Chat dengan teman2 mu FB, hanya dengan tekan " FB Chat " di bagian paling bawah, lalu tekan Chat with friend. kamu langsung tergabung dengan teman2 mu di FB

Di sini kamu bisa bebas posting jual-beli, ngobrol yuk, artikel, gosip, lobby picture, breaking news, download gratis.

Forum INFOMART pusat download GRATIS Mp3, Film, Majalah, Koran, Anime, Game, Software, Ebook dll.

INFOMART Forum UPDATE setiap hari.


Gratis daftar Member !!


Thanx
INFOMART FORUM

Join the forum, it's quick and easy

INFOMART FORUM
Welcome to INFOMART Forum Indonesia

UPDATE: New Forum about Picture & Video : Indonesian Girl, West & asian

Infomart Forum :
- Free Download : Mp3, Film, Newspaper, Magazine, Ebook, Games, Software, Anime & other. Update every day
- Buy & Sale Forum, Article, Job Fair, News, Gossip & other

Sekarang kamu bisa Chat dengan teman2 mu FB, hanya dengan tekan " FB Chat " di bagian paling bawah, lalu tekan Chat with friend. kamu langsung tergabung dengan teman2 mu di FB

Di sini kamu bisa bebas posting jual-beli, ngobrol yuk, artikel, gosip, lobby picture, breaking news, download gratis.

Forum INFOMART pusat download GRATIS Mp3, Film, Majalah, Koran, Anime, Game, Software, Ebook dll.

INFOMART Forum UPDATE setiap hari.


Gratis daftar Member !!


Thanx
INFOMART FORUM
INFOMART FORUM
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

3 posters

Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 15:17

Rahasia bisnis orang tionghoa

Salam Sejahtera, Saya mau share intisari dari buku "Rahasia Bisnis Orang Cina" tulisan Ann Wan Seng.

KERJA KERAS ibarat kata keramat yang mendorong pedagang Cina berhasil dalam bisnisnya...

"Jika dahulu bapaknya berjualan air di pinggir jalan, anaknya akan membuka restoran dan barangkali cucunya akan mendirikan pabrik yang memproduksi air dalam kemasan."

Orang Cina cenderung memilih berdagang karena bidang ini tidak dibatasi oleh ruang, waktu dan tempat. Selain bebas, kegiatan perdagangan juga menyediakan ruang yang luas bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuannya.

Perdagangan orang Cina tidak banyak formalitas dan birokrasi. Mereka berusaha menjadikan kegiatan dagang ini semudah mungkin.

"Jika kita sama rajinnya dengan orang-orang di Barat, kita tidak akan dapat menyaingi mereka," kata Kim Woo Choong.

Jika ingin lebih berhasil dari orang lain, kita tidak punya pilihan, kecuali bekerja dengan lebih keras dan rajin.

Persepsi orang Cina pada perdagangan adalah positif. Dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan, kemewahan, dan kebahagiaan.

Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali.

Berdagang dapat dijadikan sebagai hobi, tetapi bukan untuk mengisi waktu luang.

Keuntungan yang diperoleh tidak dibelanjakan. Keuntungan tersebut digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.

Uang digunakan untuk menghasilkan uang.

Pedagang Cina membolehkan terjadinya tawar-menawar. Meskipun proses ini memakan waktu dan mengurangi keuntungan, hal ini dapat menggembirakan hati pelanggan.

Pantang mengeluh di hadapan pelanggan, apalagi menunjukkan emosi negatif.

Bersikap terbuka dan berlapang dada apabila menghadapi situasi sulit, dan tetap fokus mencari jalan keluar.

Sekedar pintar berdagang tidak memberikan hasil yang maksimal. Harus didukung dengan sikap agresif, proaktif, berani, tahan banting, semangat tinggi, dan rela berjuang untuk merebut segala peluang yang ada.

Orang Cina rela bangun dini hari dan terus bekerja sampai malam hari.

Apabila orang Cina mengatakan akan berdagang mereka biasanya tidak akan berpikir panjang untuk menindaklanjuti. Pengalaman dan kemahiran tidak penting karena hal itu dapat dipelajari kemudian.

Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya. Sebaliknya akan membuatnya semakin gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya.

Apabila melibatkan diri dalam kegiatan perdagangan, kita harus menetapkan tujuan atau target untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Budaya dagang orang Cina mengutamakan kecepatan dalam bertindak, hal ini penting seperti "siapa cepat dia dapat" .

Orang Cina mengijinkan pelanggan membuat pilihan sendiri, memberikan pelayanan yang baik, diskon atau kemudahan kredit.

Dunia perdagangan penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karena itu pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni 'bela diri' perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apapun dan kemungkinan yang akan datang.

Seni berdagang memerlukan kecermatan dan ketelitian, tidak cukup jika kita mempelajari teori saja. Berdagang perlu praktik dan menuntut seseorang senantiasa fleksibel.

Seni berdagang orang Cina mengutamakan prinsip 'win-win'.

Pedagang harus memiliki daya tahan, mental, dan jiwa yang kuat.

Tanpa mengalamin kerugian, keuntungan tidak mungkin datang.

Sebagian dari keuntungan disimpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkinan apapun yang di luar dugaan. Sebagian lagi digunakan untuk modal kerja.

Kerugian jangka pendek merupakan jalan yang dilalui untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Pedagang Cina mempunyai kode etik. Menjatuhkan perdagangan orang lain adalah perbuatan yang terkutuk.

Bagi masyarakat Cina, pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Pedagang yang tidak mematuhi etika ini akan terkena sangsi. Perbuatan menjatuhkan perdagangan orang lain dianggap sebagai tindakan yang menyalahi aturan. Sekali namanya sudah rusak, selamanya orang tidak akan mempercayainya lagi.

Meskipun kasih sayang dan sikap patuh tidak dapat dinilai dengan uang, kekayaan akan dapat memberikan kebahagiaan dan meningkatkan status sosial keluarga dalam masyarakat.

Beberapa faktor yang memotivasi keberhasilan orang Cina adalah kemiskinan, perasaan kurang aman, kemampuan bertahan hidup di tempat orang, tidak ada pilihan, dan ajaran falsafah yang didapat sejak kecil.

Dalam sistim sosial orang Cina, anak laki-laki adalah ahli waris keturunan. Salah satu cara menunjukkan penghormatan kepada kedua orangtua dan mengangkat martabat keluarga adalah dengan menjadi kaya. Satu-satunya cara menjadi kaya adalah melalui kegiatan perdagangan.

Uang tidak pernah jadi penghalang. Asal ada kemauan, pasti ada jalan. Jika belum ketemu jalan, buatlah jalan.

Petuah untuk berhasil dalam bidang perdagangan adalah dengan menjadi pedagang yang jujur, terpercaya, dan memudahkan urusan.

Untuk menjadi pedagang yang berhasil, harus mampu meyakinkan pelanggan.

Pedagang Cina tidak takut dan tidak pelit untuk mengeluarkan sedikit biaya tambahan asal mereka dapat 'menangkap' dan memikat hati pelanggannya.

Kesabaran itu memang pahit, tapi buahnya sangat manis.

Jika ketekunan digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan KESABARAN niscaya akan menjadi asset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan.

Kebanyakan usahawan Cina yang sukses bekerja sekurang-kurangnya 18 jam sehari.

Beberapa ciri yang menunjukkan seseorang itu memiliki bakat berdagang : mukanya bulat, enak dipandang, badan berisi, dahi cerah dan luas, serta begitu bergairah terhadap uang.

Emas yang tersembunyi hanya dapat ditemukan oleh seseorang yang gigih mencari dan menggalinya.

Orang Cina tidak mencari-cari alasan. Mereka berusaha menghilangkan alasan apa pun dan menjauhkan diri dari pendapat-pendapat negatif (yang tidak membantu mereka).

Pandai atau tidaknya seorang pedagang hanya dapat diketahui setelah dia berhasil mengatasi segala rintangan yang menghadang di dalam perdagangan yang beresiko tinggi.

Sekali melangkah, mereka akan terus melangkah. Tidak ada kata mundur.

Orang Cina percaya, nasib buruk dapat diubah. Sial dan malang dapat dibuang dan digantikan dengan nasib baik.

Masalah adalah batu loncatan, dan bukan penghalang sebuah keberhasilan.

Pedagang tidak harus cerdik dan memiliki otak yang cerdas. Yang diperlukan adalah KEBERANIAN menghadapi tantangan apa pun yang datang.

Kedinamisan dalam masyarakat Cina berkaitan erat dengan sikap mental orang Cina, fleksibel, mudah beradaptasi, menyesuaikan diri dengan perubahan iklim ekonomi dan perilaku pasar.

Pedagang Cina biasanya tutup buku pada setiap akhir tahun. Suatu perdagangan dikatakan berhasil jika pada akhir tahun itu mencatat keuntungan. Para pedagang Cina akan menyelesaikan utang tiga hari menjelang tahun baru.

Pedagang pamali, tidak boleh mengatakan sesuatu yang tidak baik ketika memulai babak baru perdagangannya.

Lokasi perdagangan yang dianggap baik adalah yang memiliki kemudahan memarkir kendaraan, angkutan umum, dan dekat dengan pusat administrasi pemerintahan.

Feng Shui adalah ilmu sains dan geografi yang digunakan orang Cina untuk mencari tempat membangun usaha perdagangan dan rumah kediaman.

Impian hanya tinggal impian jika pedagang terus bertahan di batas bawah dan tidak mau mengubah sikap mental dan tindakan.

Orang Cina mewujudkan impiannya dengan menyusun strategi untuk memperkecil risiko kerugian, memperbaiki kedudukan dan masa depannya.

Pedagang harus memiliki daya tahan dan semangat juang yang tinggi, tidak mudah takluk pada keadaan, tetapi berusaha membuat keadaan tunduk pada kehendak mereka.

Modal, bukan penentu utama untuk berhasil atau tidaknya perdagangan. Kadangkala modal yang sedikit diiringi dengan pengetahuan seluk beluk perdagangan yang mantap dapat membuat pedagang berhasil.

Mereka yang sudah memiliki tekad untuk berdagang tidak perlu membuang waktu membuat perencanaan yang rapi, memikirkan resiko, dan mempertimbangkan untung rugi. Yang diperlukan adalah tindakan nyata setelah memikirkan strategi dagang yang terbaik.

Perjalanan seribu batu dimulai dengan langkah pertama.

Keberhasilan orang Cina bukan disebabkan keahlian mereka dalam bidang perdagangan melainkan hasil kerja keras, kesungguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat, air mata, dan pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga.

Orang Cina rela menebalkan muka, menahan caci maki orang lain, dan hidup sederhana. Setiap sen yang diperolehnya digunakan dengan sangat hati-hati.

Jika ingin mencari rekan bisnis, carilah orang yang dapat dipercaya. Teman dekat belum tentu menjamin bahwa dia akan setia dan tidak akan mengkhianati temannya.

Agar keuntungan terus bertambah, sebagian keuntungan disumbangkan kepada yang membutuhkan, sebagian digunakan untuk investasi kembali.
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 15:18

Keturunan Cina di Indonesia yang jumlahnya 4% dari populasi penduduk Indonesia, menguasai 17 dari 25 konglomerat Indonesia dan total kekayaan mereka hampir 75% dari seluruh kekayaan perusahaan di Indonesia. Fenomena ini terjadi di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Sebagai gambaran, populasi orang Cina di Thailand sebesar 10% dan menguasai ekonomi/kekayaan 90%, Filiphina populasi 1% menguasai kekayaan hampir duapertiga. Malaysia relatip kebih baik komposisinya, populasi sepertiga, menguasai ekonomi juga sepertiga. Ini, berkat program pemerintah Malaysia dalam bidang pribumisasi penguasaan ekonomi.

Bila dilihat lebih jauh, bisnis orang Cina perantauan (Hoa Kiau) yang bermukim di seluruh Dunia, tak terkecuali Africa diperkirakan memiliki kekayaan likuid- diluar sekuritas mencapai US$ 2 triliun, hampir sama dengan dana seluruh perbankan Jepang sebesar US$ 3 triliun. Kegiatan ekonomi Hoa Kiau tahun 1990 diperkirakan sebesar US$ 450 miliar seperempat GNP China sendiri.

Penguasaan ekonomi Cina perantauan (Hoa Kiau) ini menarik untuk disimak penyebab-penyebabnya antara lain karena :

Satu, orang Cina, mereka suka hidup berkelompok. Hampir di setiap negara dijumpai kantong-kantong pemukiman dan tempat bisnis Cina yang biasa disebut China Town. Kalau di Indonesia kita tak asing lagi mendengar nama “Kampung Cina” yang ada hampir di setiap daerah. Kalau di Jakarta kita mengenal “Pluit” dan “Kelapa Gading“, komplek pemukiman yang sebagian besar dihuni oleh orang China.

Kebiasaan hidup berkelompok ini, tidak kita temukan pada “Etnis Minang” yang sementara ini dianggap salah satu Etnis yang bisa bersaing dengan Cina disektor perekonomian. Kita jarang mendengar nama Kampung Padang/Minang, paling-paling jalan Minangkabau, Jalan Padang Panjang, Jalan Bukit Tinggi di daerah Manggarai, Jakarta, tapi di daerah itu tidak bermukim kelompok orang Minang (Sumber : Jernih Melihat, Cermat Mencatat oleh Mathias Pandoe).

Kebiasaan hidup berkelompok ini membuat komunikasi menjadi mudah dilakukan/ effektif, entah itu saat sembahyang bersama, berolah raga dan lain sebagainya. Keliatannya mereka terinspirasi dari sapu lidi, dimana sebatang lidi tak berdaya, tapi bila dijadikan satu/diikat bisa jadi senjata, minimal untuk menyapu.

Dua : Kekuatan bisnis Cina terletak pada jaringan yang disebut Guangxi, dibentuk secara alami antara sesama pedagang di Hongkong dan di Singapore, yang di Singapore dan di Jakarta. Kekuatan jalin menjalin ini terjadi juga antara sesama pedagang di satu kota dan dengan pedagang di kota lainnya.

Tujuan jaringan ini untuk menyajikan informasi secara informal, mendapatkan rasa aman, bukan satuan perusahaan yang terpusat, melainkan suatu integrasi dari berbagai kepentingan yang membentuk sistem yang sinergis. Laba operasional menjadi kurang berperan, yang terpenting adalah perputaran dana (cash flow).

Hubungan seperti inilah yang berlangsung diantara pengusaha Cina dimanapun mereka berada, titik kulminasi ini yang membuat mereka kembali ke Cina membangun negerinya.

Di Asia, jauh sebelum pemerintah Cina membuka pintu terhadap modal asing, salah satu tokoh pemilik Bangkok Bank yaitu Chin Sophanpanich membantu konglomerat Robin Loh (Singapore-Malaysia), Robert Kuok (Malaysia) dan Liem Sioe Liong (Indonesia).

Guangxi adalah ikatan atas dasar hubungan keluarga, klan ataupun tempat kelahiran. Guangxi ini juga terjadi karena senasib di perantauan. Dimana saja, orang Cina berbisnis selalu mulai dari lingkaran paling dalam, apakah itu merekrut karyawan, mencari pemasok, mencari mitra berdasarkan hubungan keluarga, kerabat atau sahabat. Jika tidak di dapat, baru dicari dari pihak luar.

Guangxi, sangat berbeda dengan Jaringan dan Gaya Bisnis India, dimana orang India enggan bekerja sama dengan sesama India. Mereka bersitegang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dalam bisnis, orang India tidak memilih-milih etnik. Mereka OK saja berbisnis dengan etnik Cina, yang penting dapat keuntungan maksimal.

Guangxi yang merupakan inti dari saling kerjasama supaya menjadi semakin besar, bila kita hubungkan dengan kebiasaan bangsa kita Indonesia, justru yang terjadi sebaliknya. Sebagai contoh : Diawal kemerdekaan kita mengenal banyak partai dan disederhanakan oleh Mantan Presiden Soeharto menjadi tiga Partai. Setelah Reformasi tahun 1998, kembali lagi menjadi banyak partai. Dalam Pemilu tahun 2009 terdapat sebanyak 48 Partai. Saking banyaknya, relatif sulit menyatukan suara untuk mensejahterakan rakyat. Disamping itu, rakyat bingung memilih anggota parlemen karena calonnya begitu banyak.

Guangxi, menjadi dinamis karena nilai-nilai Konfusius yang berkembang dalam sejarah dinasti Cina yaitu nilai-nilai : hidup hemat, kerja keras dan dapat dipercaya.

Tiga, Orang Cina jago matematika.

Bisnis/berdagang, tujuan utamanya adalah mencari laba atau keuntungan. Keuntungan diperoleh dari hasil Penjualan dikurangi Harga Pokok/Modal (Harga jual – Harga Pokok/Modal = Laba/Keuntungan). Untuk mendapat keuntungan, pengetahuan yang paling dominan adalah hitung-hitungan atau matematika.

Ucapan nomor/angka dalam bahasa Cina sangat singkat, mudah diucapkan seperti 4 adalah ”si” dan 7 ”qi”. Di Jakarta, sudah menjadi bahasa sehari-hari seperti 150 ”pek go”, jauh lebih simpel dibandingkan ”seratus lima puluh”. Cina juga memiliki sistem perhitungan yang logis, sebelas adalah sepuluh-satu, dua puluh empat adalah dua sepuluh-empat.

Sistem yang logis dan angka yang mudah diucapkan, membuat anak Cina dapat belajar berhitung lebih cepat. Anak-anak Cina pada usia empat tahun dapat menghitung sampai empat puluh, sedangkan anak-anak Amerika hanya sampai lima belas.

Bila dibandingkan dengan anak-anak Indonesia, rata-rata, siswa dan siswi di Kota Shanghai, Cina, menunjukkan kemampuan paling tinggi dalam bidang matematika dan iptek (skor 600 dan 575). Adapun untuk kedua bidang tersebut, skor Indonesia adalah 371 dan 401.
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 15:19

Cuplikan dari buku buku best seller “Rahasia Sukses Toko Tionghoa” karangan Istijanto Oei.

Orang Tionghoa seringkali diidentikkan dengan toko. Hal ini bisa dimaklumi karena kebanyakan mereka selalu bekerja dengan membuka toko alias berdagang. Tidak sedikit dari mereka memulai dari nol dan akhirnya sukses menjadi pebisnis-pebisnis papan atas.

Sebutlah Djoenadi Jusuf (Pak Jun) yang memulai dengan berdagang obat menggunakan sepeda keliling di Surakarta. Toko obatnya, Apotek Kondang Waras telah menjadi penggerak dan menjelma menjadi perusahaan kaliber: PT Konimex. Banyak bukti menunjukkan toko telah menjadi milestone kebanyakan perusahaan bahkan negara. Sumbangannya mampu menjadi penggerak ekonomi.

Tengoklah Singapura dan Hongkong yang menjadi surga belanja karena tokonya. Salah satu toko pakaian asal Hongkong, Giordano misalnya. Giordano dikembangkan oleh Jimmy Lai dan berjaya menjadi franchise papan atas di Asia. Bagaimana orang Tionghoa membangun tokonya? Awalnya, mereka adalah kaum miskin yang untuk makanpun susah. Namun berkat dorongan dan semangat untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, mereka sudi bersusah payah.

Untuk menjadi pegawai atau karyawan kantoran waktu itu, mereka tidak memiliki kualifikasi. Pilihannya jatuh pada pekerjaan berdagang atau membuka toko. Toko dipandang sebagai pekerjaan ideal yang mampu mengantarkan mereka memperoleh uang dan keuntungan yang cepat. Begitu barang laku terjual langsung mendapat keuntungan (coan). Uang pun cepat berlipat ganda. Kalau tadi disebutkan semula mereka tidak punya uang, lalu bagaimana modal awalnya? Di sinilah mereka cerdik memanfaatkan jaringan (guanxi). Sebagai contoh tidak punya uang untuk beli barang dagangan, bisa dilakukan dengan meminjam barang dagangan milik saudara. Laku baru bayar atau konsinyasi.

Kalau tidak punya pemasok cukup meminta jaminan dari relasi yang punya pemasok. Untuk itu mereka berupaya membangun kepercayaan supaya bisa langgeng. Kepercayaan penting untuk bisa sukses jangka panjang. Dari kepercayaan ini mereka bisa mendapat mitra (hoping) untuk mengembangkan toko, entah itu sebagai pemasok maupun pelanggan. Orang Tionghoa pandai mengubah hubungan yang awalnya dari transaksi menjadi mitra Mereka jalin pertemanan sebanyak mungkin. Ini bak ungkapan populer “satu musuh terlalu banyak, seribu kawan belumlah cukup”. Tak heran jika dari pertemanan ini pelanggan menjadi setia. Mereka pun cincay saja memberikan hal-hal kecil seperti nasehat, konsultasi, atau segelas Aqua kepada pelanggan secara cuma-cuma.

Meski mereka memberikan dengan tulus, namun layanan seperti ini seperti umpan untuk menarik pembelian. Dari sinilah pembeli baru didapat. Orang Tionghoa juga mengedepankan kepercayaan. Bagi mereka membuat dirinya dipercaya adalah penting. Untuk bisa dipercaya, mereka berupaya bertindak yang masuk akal atau ceng li. Mereka paham pembeli yang tidak percaya pasti tidak akan kembali lagi. Ini mendorong mereka selalu menjaga kepercayaan di mata pelanggannya.

Insting wirausaha orang Tionghoa juga tajam. Kalau ada peluang tidak disia-siakan. Mereka lihai membaca lokasi toko, barang yang dijual dan pelanggan yang dibidik. Kunci memilih lokasi toko cukup simpel. Kalau lokasi banyak dilalui orang, maka hokinya bagus. Kalau lokasinya bagus setidaknya gampang menjual. Untuk itu barang mereka upayakan berputar cepat. Jika perlu barang yang lambat mereka korbankan demi menjadikan uang kembali. Setelah jadi uang, mereka “putarkan kembali” menjadi barang. Uang pun menjadi produktif.

Pemilik toko Tionghoa disiplin dalam keuangan. Uang toko hanya untuk toko. Pemilik rela menunda kesenangannya untuk membesarkan toko lebih dulu. Kalau hari ini untung banyak, bukan berarti lupa daratan dengan berfoya-foya. Jatah uang untuk biaya hidup tetap, tidak linear dengan pemasukan toko. Ini seperti filosofi telur dan ayam. Kalau untuk hidup membutuhkan 2 butir telur maka hanya boleh mengambil 2 telur. Misalnya ayamnya hari ini bertelur 3, maka pemilik ambil 2 untuk makan keluarganya. Kalau besok ayamnya bertelur 4, dia tetap ambil 2, tidak kemudian 4! Kalau lusanya, si ayam bertelur 5, tetap yang boleh dimakan hanya 2 butir. Demikian tetap konsisten. Telur-telur yang tidak diambil tadi dibiarkan menetas untuk menambah jumlah induk ayam yang baru. Kontan saja jumlah induk ayam bertambah. Induk ayam yang baru juga bertelur. Beginilah sebagian filosofi mereka mengembangkan toko dari nol hingga akhirnya berkembang pesat
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 15:19

Prinsip 3 c
Konon orang-orang Tionghoa asal suku Hokian memiliki falsafah yang disebut 3C untuk kesuksesan mereka.

3C tersebut adalah :

1.Cengli.
Kalau ingin sukses, cara kita bekerja mesti cengli alias adil. Dengan kata lain kita harus jujur, tidak curang dan bisa dipercaya. Ini membuat banyak orang suka bekerja sama dengan kita. Semakin dipercaya, maka pintu pun semakin terbuka lebar bagi kesuksesan kita.

2. Cincai.
Artinya orang yang mudah memberi, tidak terlalu banyak perhitungan dan bukan tipe orang yang sulit. Uniknya, orang-orang yang mudah memberi seperti ini juga mudah mendapat. Dari sudut pandang Firman Tuhan , maka itulah yang disebut hukum tabur tuai. Sebaliknya jika termasuk orang yang sulit, pelit, terlalu banyak perhitungan baik dengan Tuhan maupun sesama, maka berkat juga susah turun untuk orang-orang seperti ini.

3. Coan.
Artinya orang kerja adalah wajar kalau mengharapkan keuntungan. Namun, fokus utamanya bukan apa yang kita dapatkan, tapi apa yang berikan. Kita harus sering mengajukan pertanyaan dalam diri kita, apakah yang kita lakukan sudah sebanding dengan apa yang kita dapatkan? Apakah kwalitas dan kontribusi kita sebanding dengan hasil yang kita terima?

Ketiga uraian di atas adalah 3C yang harus dilakukan , maka orang Hokian punya pantangan juga dalam bekerja atau berbisnis yang disebut dengan 3C.

C yang pertama adalah Ciok (hutang). Hutang kalau bayar tidak apa, tapi jadi repot kalau menjadi C yang kedua yaitu Ciak ( dimakan saja). Lebih tidak tanggung jawab lagi kalau kemudian orang tersebut melakukan C yang ketiga yaitu Cao (lari).

Semoga rahasia sukses ala suku Hokian ini, meskipun bernada humor, tapi bisa menjadi inspirasi bagi Anda!
Kalau orangnya melarikan diri bawa uang banyak… namanya CIAK LAT
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 15:20

Rahasia sukses dan keberhasilan orang Tionghoa dalam memulai usaha

Pertama
usaha keras, berani mencoba dan tidak takut gagal, memulai dengan apa adanya. Agaknya poin inilah yang menjadi kelebihan utama dari para pengusaha Tionghoa. Dalam keluarga Tionghoa, kerja keras bukanlah hal yang aneh. Mereka sudah terbiasa lembur hingga pagi. Jika ada kesempatan, seperti hari menjelang Lebaran, mereka tahu bahwa permintaan akan meningkat, maka mereka akan bekerja keras untuk memenuhi permintaan tersebut karena mereka menyadari bahwa Lebaran hanya satu kali dalam satu tahu. Moto orang Tionghoa dalam kerja keras yang sering saya dengar adalah “Kita harus bisa memindahkan gunung” dan “Kita harus bisa seperti orang lain walaupun kita melakukannya 100 kali lebih keras dari mereka.”
Orang Tionghoa pada umumnya berani memulai suatu usaha dan tidak takut gagal. Mereka mempunyai sense of urgency yang tinggi. Mereka sering berpendapat, “Jika tidak memulai sekarang, kapan lagi?” Gagal bukanlah hal yang menakutkan karena umumnya mereka selalu memulai usaha dengan apa adanya dan dari bawah.

Kedua
mengumpulkan informasi dan belajar. Sebelum terjun ke suatu bidang usaha, umumnya orang Tionghoa akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Mereka tidak segan pergi ke saudara, teman, dan bahkan pihak yang tidak mereka kenal. Setiap pembicaraan dengan siapa saja mereka untuk menanyakan usaha yang akan mereka tekuni. Kemanapun mereka pergi, mereka akan membuka mata dan telinga lebar-lebar. Dengan kata lain mereka sangat mahir melakukan survey terhadap usaha yang akan mereka geluti.
Selain itu, mereka juga tidak segan untuk belajar. Cara belajar yang umum dari mereka adalah bekerja untuk orang yang usahanya serupa. Setelah yakin telah menguasai cukup informasi dan keterampilan mereka akan berusaha sendiri.

Ketiga
melakukan perencanaan. Perencanaan yang paling umum dilakukan oleh orang Tionghoa adalah melihat dari segi untung-ruginya suatu usaha. Dalam bahasa akademis, mereka mempertimbangkan visibility usaha yang akan mereka jalankan. Berapa banyak ongkos yang akan dikeluarkan, bagaimana cara mendapatkan bahan baku/material, bagaimana mempersiapakan produk mereka, siapa yang akan beli, akan dijual dimana, kapan kembali modal, dan berapa keuntungannya merupakan faktor utama yang mereka pertimbangkan.
Perencanaan mereka juga sangat memperhatikan efektifitas (tujuan tercapai) dan efisiensi (tepat cara, tanpa banyak mengorbankan waktu dan tenaga) usaha yang mereka geluti.

Keempat
membina relasi. Walaupun orang Tionghoa sangat kompetitif, tetapi mereka selalu sadar bahwa membina relasi adalah salah satu kunci keberhasil usaha mereka. Untuk membina hubungan baik mereka tidak ragu untuk mengeluarkan pengorbanan tertentu, seperti pemberian hadiah, mengundang makan dan melakukan entertain terhadap relasi mereka.
Siapa saja yang bisa membantu melancarkan dan mengembangkan usaha adalah relasi mereka. Dengan pembinaan relasi yang baik, akan terbuka kerja sama yang saling menguntungkan.

Kelima
kemampuan administratif dan inventory control. Agaknya banyak orang lupa akan hal yang satu ini. Orang Tionghoa sangat sadar akan pentingnya kemampuan dalam beradministrasi dan melakukan mengontrolan inventory. Mereka sangat memperhatikan secara terperinci setiap kegiatan usaha mereka dan merekamnya dalam catatan. Karena itu mereka tahu betul bagaimana neraca keuagan mereka dan persediaan inventory mereka.
Sebagai contoh, jika kita hendak belanja sesuatu di toko orang Tionghoa sangatlah jarang bahwa mereka sampai kehabisan persediaan.

Keenam
kemampuan pemasaran. Kemampuan pemasaran orang Tionghoa umumnya ditunjang oleh kemampuan mereka dalam memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan dan kemampuan menentukan harga jual dari suatu produk secara tepat. Dari proses ini, maka terjadilah penyebaran iklan gratis dari mulut kemulut.
Untuk pengusaha yang cukup besar, mereka melakukan positioning secara professional dengan mensponsori kegiatan tertantu dan pemasangan pengiklanan melalui media cetak dan media digital.

Ketujuh
mendelegasikan. Orang Tionghoa sadar betul bahwa untuk mengembangkan suatu usaha agar menjadi besar, mereka harus bisa mendelegasikan pekerjaannya. Syarat utama pendeligasian adalah bahwa orang atau karyawan mereka harus bisa dipercaya. Karena itu, mereka cenderung mencari orang yang sudah dikenal lama dan terbukti bisa dipercaya. Bagi mereka keahlian berusaha bisa diajarkan, tetapi kebercayaan tergantung dari masing-masing kepribadian.
Karena sistem kepercayaan ini jugalah maka, mereka tidak segan-segan meminta anak mereka yang masih kecil untuk membantu usaha mereka. Di lain pihak, anak mereka yang sudah terbiasa terekspos dengan usaha orang tuanya, membuat sang anak tumbuh dengan naluri usaha yang mendarah daging.

Kedelapan
mendiversifikasi. Pengusaha Tionghoa tidak mudah merasa puas dan cukup atas usaha mereka. Mereka selalu berusaha untuk memperluas usahanya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan deversifikasi produk.
Mereka cenderung mempunyai keinginan untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Mereka ingin agar pelanggannya hanya datang ke mereka. Untuk itu, mewujudkan keinginan ini, cara yang paling tepat adalah berani melakukan deversifikasi produk.

Kesembilan
mengolah keuangan. Tidak ada istilah “uang mati” dalam kamus berdagang ala orang Tionghoa. Mereka selalu mempekerjakan uang tersebut supaya bisa berlipat ganda. Cara yang paling umum dilakukan adalah menanamkan modal kembali ke usaha mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk memdirikan usaha baru atau untuk membesarkan usaha yang telah ada.
Mental untuk melipatgandakan uang memang sudah tertanam dari kecil di lingkungan keluarga mereka. Contohnya, jika mereka menerima pemasukan Rp.100, maka mereka akan menyimpan paling tidak Rp. 25 dan sisanya ditanamkan kembali keusaha mereka dan untuk kebutuhan hidup mereka.
Contoh prinsipnya adalah perencanaan yang baik dan kerja keras. Prinsip perencanaan yang baik adalah untuk mencapai keefektifan dan keefisiensian dalam proses kerja. Prinsip kerja keras adalah bagaiman memotivasi saya sendiri dan karyawan saya untuk tidak cepat putus ada.
Dalam kondisi seperti ini, orang tua sering memotivasi dengan berkata, “Ayo, kita bisa memindahkan gunung .” Pengalaman seperti ini diterapkan dalam usaha sekarang ini.
Inti kesuksesan dari bisnis keluarga orang Tionghoa, yaitu warisan nilai-nilai atau prinsip-prinsip usaha yang berhasil diturunkan oleh orang tua Tionghoa kepada anak-anaknya. Sebagai contoh, jika kita pergi ke toko-toko orang Tionghoa, sering kali kita dilayani oleh anak mereka yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tanpa merasa canggung, anak tersebut bisa melayani kita dengan mahirnya. Adalah hal yang wajar jika suatu saat ia tumbuh menjadi orang dewasa, maka ia sudah siap untuk berusaha.
Orang tua Tionghoa tidak pernah segan untuk melibatkan anaknya yang masih kecil dalam usaha mereka. Mereka sudah diberi tanggungjawab yang cukup besar untuk ukuran seorang murid SD. Mereka diajari setiap proses bisnis dari persiapan hingga sampai ke tangan pelanggan dan bagaimana menangani pelanggan setelah transaksi jual beli.
Anak-anak orang Tionghoa juga diajak kerja lembur, bahkan banyak dari mereka yang diajak bekerja sampai pagi tanpa tidur. Dalam proses kerja itu, mereka di dampingi oleh orang tua mereka. Pada kesempatan itu terjadi penurunan nilai-nilai cara berusaha dari orang tua mereka.
Melibatkan anak dari usia dini adalah cara yang paling ampuh dari orang tua mereka untuk membentuk anak mereka menjadi bisnismen tangguh di kemudian hari.
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 15:21

semoga bermanfaat dan memacu kita untuk berusaha lebih demi masa depan yang lebih baik muachhh
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by upin ipin Sat 18 Feb 2012, 15:25

mantafff mantafff mantafff


2 thump
upin ipin
upin ipin
INFOMART V.I.P
INFOMART V.I.P

Jumlah posting : 413
Point : 611
Reputation : 202
Join date : 28.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Seventh-Heaven™ Sat 18 Feb 2012, 16:17

upin ipin wrote:
mantafff mantafff mantafff


2 thump

thx dah mampir :D moga bermanfaat ya gan
Seventh-Heaven™
Seventh-Heaven™
SUPER MODERATOR
SUPER MODERATOR

Jumlah posting : 136
Point : 18
Reputation : 2
Join date : 18.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by berry22 Mon 29 Oct 2012, 12:09

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa 3065779261

bermanfaat bro ,, kerja keras memang terlihat sekali di dalam orang chinese. top

berry22
Infomart Member
Infomart Member

Jumlah posting : 4
Point : 0
Reputation : 0
Join date : 05.09.12

Kembali Ke Atas Go down

Share : Rahasia bisnis orang tionghoa Empty Re: Share : Rahasia bisnis orang tionghoa

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik